PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
November 05, 2019 , Blog
Coaching Mampu Meletupkan Potensi Diri Seseorang

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) dapat dilakukan melalui program Training, Mentoring ataupun Coaching, ketiganya memiliki tujuan yang sama yaitu membangun SDM agar memiliki kompetensi tinggi dan berkualitas dalam performance. Namun ketiganya memiliki pendekatan yang berbeda. Program coaching melakukan pendekatan dengan memanfaatkan potensi diri seseorang melalui penggalian lebih dalam kekuatan dan kemampuannya.


Potensi diri seseorang merupakan kekuatan dari dalam yang dahsyat, namun tidak semua orang mampu menemukan dan menggunakan potensi dirinya, oleh karena itu perlu adanya rangsangan dari luar untuk mendobrak situasi nyaman dalam diri kita yang mungkin tidak pernah dan tidak mampu atau bahkan tidak tahu bagaimana cara menemukan potensi diri tersebut, disinilah saatnya perlu peran coach yang profesional.


Berikut ini adalah langkah langkah yang biasa dilakukan dalam coaching


1. Memotret diri pribadi

Dalam proses coaching, seorang coach profesional akan membantu coachee melihat kedalam dirinya, mengenali lebih dalam, merasakan perasaannya dan menggambarkan situasi saat ini serta membayangkan ke depannya. Coach dengan  kemampuannya membantu coachee untuk bisa mewujudkan gambaran tentang dirinya, melihat potret dirinya.


2. Mampu menemukan potensi diri

Bagaimana kita bisa tahu kekuatan kita  jika tidak pernah mencari tahu ? maka dalam proses coaching menemukan dan mengenali potensi adalah bagian terpenting, oleh karena itu seorang coach akan membantu dan membangun kesadaran coachee untuk melihat potensi dalam dirinya. Setiap orang pada prinsipnya memiliki kelebihan masing-masing, Dengan menemukan potensi diri maka coachee dapat menggunakan faktor kekuatan tersebut sebagai bagian terpenting mencapai keberhasilan.


3. Mendorong dan mengajak melakukan tindakan

Tahapan dalam  coaching diantaranya adalah  mendorong coachee untuk melakukan tindakan atas rencana yang telah dibuatnya. Langkah ini menjamin terjadinya perubahan tahap demi tahap untuk menggapai tujuan akhir. Coach pada suatu kesempatan bersama coachee akan melihat dan mengukur sejauh mana langkah yang dilakukan serta berbicara mengenai hambatan dan alternatif solusinya.


4. Berkomitmen pada rencana pribadi

Bagian dari t ahapan coaching adalah berkomitmen terhadap rencana pribadi, Coach mendukung coachee untuk konsisten dan disiplin dalam menjalankan rencana.


Program Coaching mampu meletupkan potensi diri seseorang laksana peluru yang melesat dari moncong senapan, sekali terpatuk tidak akan terhenti karena telah membakar motivasi dan memberikan semangat berkobar untuk meraih cita citanya.


Latest Blog

Empowered Leader Through Coaching
Ada yang tahu Garry Kasparov? Garry Kasparov adalah pecatur Grand Master Rusia, peringkat satu dunia selama 225 bulan. Ya...
Coaching Mampu Meletupkan Potensi Diri Seseorang
Pengembangan sumber daya manusia (SDM) dapat dilakukan melalui program Training, Mentoring ataupun Coaching, ketiganya mem...
Sukses Mewujudkan Mimpi dengan Coaching
Bermimpi adalah hak yang dimiliki oleh setiap orang. Anak kecil, orang dewasa, miskin, kaya, muda, tua, laki-laki, dan per...