PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Agustus 01, 2019 , Blog
5 Alasan Coaching Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Hidup adalah sebuah perjalanan dan petualangan yang berliku, dan kita merupakan aktor utama di alur cerita kehidupan kita sendiri. Keinginan atau cita-cita kita merupakan tujuan yang hendak kita capai dengan kerja keras sebagai motor penggeraknya. Namun, tak ayal, apa yang telah kita rencanakan meleset dari tujuan utama kita. Sebuah proses yang harus kita lewati, tentunya. Namun rencana dari Tuhan kadang tidak semulus dengan apa yang kita bayangkan. Tak jarang kita pun terpelanting dari tempat awal kita berdiri dan bingung untuk kembali memulainya. 


Di saat inilah, coaching dapat menjadi jawaban yang tepat. 


COACHING ITU APA SIH ? 


Mari kita samakan terlebih dahulu definisi dari Coaching

Pengertian coach di sini bukanlah seorang coach/pelatih olahraga yang fokus pada perubahan atau perbaikan perilaku tertentu, seperti memperbaiki tendangan bola yang buruk, lemparan basket yang kurang presisi dan lain sebagainya.  


Coaching yang dimaksud adalah sebuah bentuk kemitraan bersama klien (coachee) untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional yang dimilikinya dengan proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif. 


Coach juga berbeda dengan mentor, yang diharuskan sudah memiliki kesuksesan di bidang usaha tertentu sehingga ada proses pembelajaran yang ditularkan kepada orang lain. Seorang coach melakukan komunikasi yang konstruktif/membangun, bukan destruktif, curiga, menyalahkan, atau memojokkan. Seorang coach dituntut untuk mendengar dan menggali serta ‘menemukan’ blind spot bukan memberikan arahan. Coach juga bersifat proaktif bukan reaktif atau saling menunggu dan membiarkan. Coach mendukung bukannya memberikan stigma. Coach memberikan kemandirian bukannya menciptakan ketergantungan dan lain sebagainya


Berikut Adalah 5 Alasan Mengapa Coaching Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Anda 


1. Me-Recharge Energi dan Gairah Hidup Anda

Di kehidupan kita sehari-hari, kita selalu berlarian dengan waktu. Dikejar dengan ‘deadline’, sederet list yang dikerjakan, target kerja dari atasan, jam tidur yang semakin tergerus, rencana piknik yang tak kunjung terealisasi, resolusi tahun baru yang selalu menjadi wacana, kekhawatiran akan masa depan, hingga rencana kebutuhan hidup menjadi rangkaian pemikiran yang tidak ada putusnya. 


Ketika kita merasa kewalahan, kita pun sering merasa hilang arah, kurang bersemangat, menjadi pribadi yang ‘kosong’ atau ‘kurang lengkap’ hingga mempertanyakan kembali esensi dari kehidupan dan tujuan kita ada, menjadi salah satu topik yang sering kita diskusikan dengan alam bawah sadar kita.  Di sinilah Anda membutuhkan sebuah ‘titik balik’ yang dapat me-recharge energi serta motivasi anda, mengubah kebiasaan dan pola-pola pikir lama untuk mampu berpikir holistik tentang peningkatan berbagai aspek kehidupan dan keberadaan Anda , sehingga Anda kembali ‘on the track’ (pada lajurnya). 


2. Membantu Anda Mengenali ‘Blind Spot’ Anda

Seorang Coach mengerti psikologi manusia, bagaimana dia bisa berubah dan mengerti prinsip-prinsip di bidang apapun itu. Fungsi lain  seorang coach adalah mengidentifikasi ‘blind spot’ yang mungkin saja muncul, yang terlupakan untuk diperbaiki, karena terlalu sibuk mengurus hal – hal lainnya. 


3. Membantu Anda Bergerak Maju ke Depan

Coaching berkaitan dengan "bagaimana" bergerak maju dari tempat Coachee (orang yang di coaching) sekarang, dan merancang perubahan untuk mencapai tingkatan yang Coachee inginkan. Hal tersebut berorientasi pada tindakan dan fokus dengan kondisi sekarang dan masa depan bukan pada masa lalu. Seorang Coach dapat membantu Coachee untuk :

  • Mencapai tujuan dan target performa
  • Memecahkan masalah
  • Merencanakan tindakan kedepan
  • Membuat keputusan
  • Dan lainnya.


4. Membantu Anda Mendapatkan Kualitas Hidup yang Anda Inginkan

Life & Wellness Coaching adalah sebuah ‘titik balik’ yang dapat membantu Anda, baik sebagai individu maupun organisasi untuk mampu merubah kebiasaan dan perilaku serta bertransformasi untuk menjadi lebih baik dan mendapatkan kualitas ‘well-being’ atau kesejahteraan yang diinginkan.  


5. Anda Dapat Membantu Orang Lain dan Membantu Diri Anda Sekaligus

Seorang Certified Life and Wellness Coach dapat membantu coachee untuk melangkah maju ataupun meningkatkan karir, membantu mereka dalam menemukenali kekuatan dan bakat sendiri, meningkatkan hubungan dan kehidupan mereka, memfokuskan kembali tujuan hidup mereka serta memindahkan tantangan masa lalu yang menghalangi mereka dalam mencapai tujuan tersebut. Selain itu, tanpa Anda sadari,ketika Anda melakukan coaching terhadap orang lain, secara tidak langsung, Coach juga memetik pelajaran berharga dari coachee tersebut yang dapat menjadi refleksi dalam kehidupannya sendiri.

Artikel Karya : Linda Fitriesti


Latest Blog

PERCEIVED RESOURCES COACHING UNTUK MENINGKATKAN BUSINESS CONTINUITY
Kesuksesan organisasi berdampak pada keberlanjutan bisnis (business continuity) suatu organisasi. Pada organisasi yang mey...
5 Alasan Coaching Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Anda
Hidup adalah sebuah perjalanan dan petualangan yang berliku, dan kita merupakan aktor utama di alur cerita kehidupan kita ...
The Power of Coaching: Unlock the Best Version of You @ Work
Di lingkup organisasi, sebagian karyawan meyakini bahwa diri mereka memiliki potensi yang dapat dikembangkan serta mampu m...