PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Juli 10, 2019 , Blog
Life Coach : Trend Kebutuhan di Jaman Now

Life coach sudah menjadi trend kebutuhan di zaman now.  Bagaimana mungkin? Lagi-lagi pesatnya teknologi informasi menjadi pemicu perubahan kebutuhan dalam struktur sosial kehidupan berkeluarga, keberagamaan, politik, ekonomi, serta pendidikan. Hal ini misalnya dapat dilihat dari besarnya peluang informasi dan tingkat pendidikan justru memperkecil kesempatan meningkatkan taraf sosial ekonomi.


Semakin banyak sarjana S1 dan S2 memperebutkan satu posisi di tempat kerja menjadi salah satu contoh. Penggunaan luas teknologi dari parkir dengan flazz atau emoney, pendaftaran sekolah, pekerjaan online, dan lain sebagainya telah menjadi contoh fakta terpampang di wajah semua generasi, termasuk baby boomer, milenial, serta generasi XYZ.


Mereka ibaratnya penumpang kereta api cepat yang belum sempat menikmati keindahan pemandangan dari jendela,yang keretanya bergerak seperti kilat.  Meroketnya kuantitas dan kualitas perubahan informasi perlu diimbangi dengan kecepatan mengambil keputusan dan penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan hidup yang bahagia.  Oleh sebab itu, sah-sah saja bila muncul kebutuhan akan bantuan seorang Life Coach.  


Apa itu Life Coach? 

Life coach adalah seseorang yang bisa menjadi partner untuk membantu proses transformasi kognitif dan tingkah laku seseorang dalam mengaktualisasikan potensi pribadi dan profesionalnya. 


Indikator kebutuhan akan Life Coach 

Berikut beberapa indikator apabila kamu memerlukan bantuan life coach


1. Kamu tidak puas dengan hidupmu.

Life coach adalah partner yang akan memfasilitasimu untuk melihat lebih jelas faktor utama yang membuatmu tidak bahagia. 


2. Kamu ingin melakukan sesuatu hal tertentu tetapi selalu gagal.

Life coach membantumu melihat factor-faktor yang menghadangmu dan merubah arah tindakanmu untuk menjadi sukses. 


3. Kamu sedang mengalami perubahan besar dalam hidupmu.

Ketika perubahan besar tidak bisa dihindari dan hidup terasa amat sulit, life coach akan menemanimu memilih jalan yang harus dilalui dan bagaimana melaluinya. 


4. Kamu merasakan hidupmu "Stuck".

Life coach bisa menjadi partner yang obyektif dan mengarahkanmu ke langkah-langkah strategis. 


5. Kamu punya visi tetapi tidak jelas atau tidak punya visi.

Ketika kamu hanya tahu apa yang kamu mau tapi tidak melihat jalan ke arah sana atau ketika kamu tidak tahu ke mana kamu mau melangkah, life coach akan membantu kamu melihat tujuan dengan jalan yang terang untuk masa depanmu.  


6. Kamu  menyesal berkepanjangan karena tidak bertindak di masa lalu.

Apakah kamu masih menyesali keputusan masa lalu. Pemikiran “Seandainya….” masih terngiang-ngiang di pikiranmu selama bertahun-tahun, seorang life coach akan  membantumu membuat makna yang berarti dan bagaimana mencapainya  


Dengan melihat indikator-indikator tersebut, sudah waktunya kamu mengatakan “enough is enough” dan segera berpartner dengan seorang life coach.   


Penulis Artikel 

Elsa M. Sinurat
Professional





Latest Blog

Coaching Mampu Meletupkan Potensi Diri Seseorang
Pengembangan sumber daya manusia (SDM) dapat dilakukan melalui program Training, Mentoring ataupun Coaching, ketiganya mem...
Sukses Mewujudkan Mimpi dengan Coaching
Bermimpi adalah hak yang dimiliki oleh setiap orang. Anak kecil, orang dewasa, miskin, kaya, muda, tua, laki-laki, dan per...
Executive Coaching Peran Diorganisasi dan Pendekatan Dalam Assesment Center
Banyak para pemimpin eksekutif mengaku bahwa ketika mereka mencapai puncak karir di organisasi, mereka tidak lagi mendapat...