PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Mei 06, 2020 , Blog
Menemukan Potensi Melalui Coaching

Hidup di era digital seperti saat ini membuat kita menjadi orang yang beruntung. Mengapa demikian? Karena saat ini berbagai macam hal, bisa kita akses dengan sangat mudah. Semua bisa kita cari melalui internet, cukup berselancar didunia maya dan kita bisa mencari tau semuanya.


Mau menjadi professional coach ? ikuti Online class sertifikasi menjadi professional coach


Misalnya kita ingin tau bagaimana cara membuat tongseng daging. Cukup ketik kata kunci dimesin pencari seperti google dan “simsalabim” langsung dapat jawabannya, bahkan tidak hanya satu jawaban melainkan ribuan jawaban. Dan kita bebas memilih jawaban mana yang paling cocok dengan keperluan kita. 


Kemudahan akses ini membuat kita bisa memperoleh informasi dengan sangat cepat dan belimpah. Dengan mudahnya memperoleh informasi berarti seharusnya membuat kita lebih mudah untuk menemukan apa profesi yang sesuai untuk diri kita dan sesuai dengan potensi yang kita miliki. Tapi ternyata masih ada saja orang yang merasa bingung potensi apa yang dimiliki oleh dirinya dan harus berkarir dibidang apa. Mengapa demikian? Karena bisa jadi memperoleh informasi dan pengetahuan saja belum cukup untuk membuat kita meyakini jalan hidup seperti apa yang ingin kita jalani.


“Lalu apa yang harus dilakukan agar seseorang memahami apa potensi yang dimilikinya, dan juga mengetahui apa profesi yang tepat untuk dirinya?” Jawabannya akan ditemuan ketika kita mampu melihat kedalam diri kita sendiri. “Bagaimana caranya?”


Sebelum kita beranjak membahas cara bagaimana menemukan potensi di dalam diri seseorang. Ada beberapa hal yang perlu kita yakini agar dalam proses menggali potensi nantinya tidak ada hambatan.


Pertama kita harus meyakini bahwa “Segala sesuatunya mungkin terjadi, kita hanya perlu mencari bagaimana cara mencapainya”. Ungkapan ini berusaha menyadarkan agar kita yakin bahwa segalanya bisa dicapai, namun untuk mencapai itu semua kita harus mau untuk mencari cara yang tepat.


Kedua, kita harus meyakini bahwa “Setiap individu memiliki semua sumber daya yang Ia butuhkan”. Kita harus yakin bahwa setiap individu selalu memiliki kekuatan untuk menyelesaikan semua tantangan yang ada dalam kehidupannya. Dan kita tidak boleh meragukannya, karena ketika kita meragukannya berarti kita telah merendahkan orang tersebut dan menganggap orang tersebut tidak akan mampu menyelesaikan tantangan yang hadir dalam kehidupannya. 


Ketiga kita harus meyakini bahwa “Selalu ada intensi positif dalam setiap perilaku”. Sehingga kita tidak boleh menghakimi perilaku yang dilakukan seseorang begitu saja. Karena kita tidak tau apa yang melatar belakangi munculnya perilaku tersebut. Oleh karena itu hargai setiap perilaku yang dipilih oleh orang lain.


Nah setelah kita meyakini ketiga hal tersebut maka kita siap untuk mengetahui bagaimana cara untuk menggali potensi yang berada dalam diri seseorang. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah Coaching. Apa itu Coaching? Coaching adalah sebuah bentuk kemitraan bersama klien (Coachee) untuk memaksimalkan potensi pribadi dan professional yang dimilikinya dengan proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif - (International Coaching Federation – ICF).


Dalam melakukan proses Coaching seorang Professional Coach akan membantu Coachee dalam menstimulasi, memprovokasi dan mengispirasi pemikirannya sendiri. Sehingga Coachee sendirilah yang akan menemukan jawaban dan solusi atas pemikirannya sendiri. Ketika seseorang mampu menemukan jawaban dan solusi atas sesuatu yang terjadi dalam dirinya maka orang tersebut akan merasa bahwa dirinya mampu dan membuat dia lebih percaya diri. Selain itu sangat memungkinkan akan menambah level komitmennya dan membuatnya untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi.


Jadi jika Anda merasa bahwa diri anda masih ragu dengan apa potensi Anda, namun anda tidak menginginkan jawaban dari orang lain melainkan dari diri Anda sendiri. Maka lakukanlah proses Coaching bersama seorang Profesional Coach yang akan membantu anda dalam memprovokasi pikiran Anda.

# coaching di jakarta # coaching di indonesia # Loop institute of coaching

Latest Blog

Penerapan Coaching Dalam Program Pengembangan SDM Perusahaan
Coaching merupakan salah satu metode yang saat ini banyak dilakukan oleh berbagai Perusahaan dalam mengembangkan potensi d...
Coaching Trend dan Profesi Life Coach
Seorang yang memilih profesi sebagai seorang Life Coach, biasanya memiliki wawasan yang luas terkait masalah-masalah dala...
Sertifikasi Profesional Coach di Loop Institute of Coaching - Loop Certified Professional Coach
Loop Certified Profesional Coach Program adalah program sertifikasi yang ditujukan kepada siapapun yang ingin menjadi prof...