PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
November 18, 2020 , Blog
Coaching untuk pengembangan pemimpin bagian 2

Tahapan Program Coaching


Sebelum membaca artikel ini silakan baca dulu artikel "Coaching untuk pengembangan pemimpin bagian 1"


Selama program coaching berlangsung, selain akan mendapatkan pemahaman mengenai kompetensi dan perilaku kunci yang dipersyaratkan, coachee akan bermitra dengan coach-nya untuk memperoleh pengalaman dari proses yang menstimulasi dan memprovokasi pikiran, serta proses kreatif yang menginspirasinya dalam memaksimalkan potensi pribadi dan profesional.

 

Berikut adalah tahapan yang akan dilalui coachee dalam program coaching :



  • Menentukan area pengembangan meskipun kompetensi yang dipersyaratkan pada level strategis telah ditentukan, namun fokus perilaku kunci yang menjadi area pengembangan merupakan proses yang melibatkan coachee dalam menentukannya.



  • Menentukan pemangku kepentingan bersama-sama manajemen sebagai sponsor, coachee akan terlibat penuh dalam menentukan pihak-pihak yang menjadi pemangku kepentingan sepanjang program coaching yang akan dijalani.



  • Mengumpulkan umpan balik secara berkala - selama program berlangsung, coachee mendapatkan dukungan dan penguatan melalui umpan balik dari berbagai pihak yang telah ditentukan bersama-sama sebelumnya. Umpan balik dapat diperoleh melalui wawancara atau menggunakan tools terkait lainnya.



  • Mengembangkan rencana aksi dan tindak lanjut coachee akan menentukan rencana aksi dan memastikan tindak lanjut yang difasilitasi oleh coach.



  • Mengkaji hasil dan memulai kembali dalam tahapan ini akan dikaji kemajuan yang dicapai dari keseluruhan proses dan menentukan jika ada area pengembangan lain yang ingin ditambahkan.


Selain bahwa program ini akan sangat bermakna dan berharga bagi coachee sebagai pemimpin, manfaat lain yang akan terasa dari perubahan perilaku mereka adalah dampaknya terhadap team yang dipimpinnya, sebagai pemimpin masa depan yang berpotensi tinggi.


Ikuti pelatihan menjadi seorang leader as coach


Latest Blog

Coaching untuk pengembangan pemimpin bagian 2
Selama program coaching berlangsung , coach dan coachee akan bermitra untuk memperoleh pengalaman dari proses yang menstim...
Perbedaan Coaching Offline dan Online
Tentunya ada perbedaan antara kegiatan yang dilakuakn secara online dan offline, termasuk dalam sesi coaching, berikut beb...
Coaching untuk pengembangan pemimpin
Program coaching dengan tujuan untuk perubahan dan pengembangan perilaku kepemimpinan, terutama untuk mereka yang berada s...