PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Juli 20, 2020 , Blog
Sertifikasi Profesional Coach di Loop Institute of Coaching - Loop Certified Professional Coach

Loop Certified Profesional Coach Program adalah program sertifikasi yang ditujukan kepada siapapun yang ingin menjadi professional coach. Program ini merupakan salah satu program sertifikasi coaching di indonesia yang telah terdaftar di International Coaching Federation (ICF) dengan jumlah Jam Training sebanyak 88 Jam.


Loop Institute of Coaching ,yang didirikan oleh M.Kurnia Siregar, PCC dan Ina Rizqie Amalia, PCC , merupakan lembaga pertama yang membawa program sertifikasi coaching berbasiskan ICF di Indonesia pada tahun 2011. Sejak itu telah lahir ratusan professional Coach yang memiliki kompetensi yang mumpuni dan berkiprah dalam mengembangkan profesi coaching di Indonesia.


Pada program sertifikasi ini, peserta akan mendapatkan beberapa pembelajaran diantaranya


  1. 8 Kompetensi inti seorang coach yang berbasiskan ICF
  2. Konsep dasar dan etika seorang coach
  3. Group dan Team Coaching
  4. Membangun profesi coach dan memasarkannya
  5. Praktik dan aplikasi coaching di kehidupan sehari-hari
  6. Coaching tools
  7. Dan materi-materi pendukung lainnya


Program sertifikasi coaching ini berlangsung selama enam bulan yang dibagi menjadi empat tahapan. Mengapa sampai enam bulan? Karena kami meyakini bahwa sebuah proses pembelajaran untuk menjadi seorang professional itu butuh waktu dan pengalaman, tidak hanya sebatas teori semata, namun juga bagaimana peserta mampu untuk mandiri melakukan sesi coaching berbasiskan kompetensi ICF serta implementasi ke diri sendiri pada khususnya dan untuk masyarakat luas pada umumnya. Program ini juga dibawakan oleh fasilitator yang berpengalaman dan telah terdaftar sebagai mentor coach dari ICF


Program ini dibagi menjadi empat tahapan, yaitu:


Tahap 1


dimana pada tahap ini peserta akan mempelajari konsep dasar coaching, delapan kompetensi inti seorang coach berbasiskan ICF dan berlatih percakapan coaching.


Peserta akan merasakan langsung dengan berlatih kompetensi dengan sesama peserta pelatihan coaching. Selain belajar kompetensi, pada tahap ini peserta juga mendalami pembelajaran melalui studi kasus, praktik sesi coaching, observasi sesi coaching oleh mentor yang berpengalaman, mempelajari filosofi coaching RICH, model percakapan coaching FIRA, GROW dan  PROCESS, serta masih banyak lagi. Dimana  selain mendapatkan pengetahuan, peserta juga akan mendapatkan pengalaman dengan merasakan proses coaching. 


Tahap 2


Peserta akan mempelajari materi keterampilan fasilitasi dalam sebuah grup maupun team coaching. Selain materi tersebut, peserta juga akan belajar bagaimana membuat profil diri dan branding diri nya sebagai seorang coach dengan spesifikasi yang diminatinya, misalnya : life coach, leadership coach, sales coach, business coach, education coach dan masih banyak lagi.


Peserta akan belajar bagaimana membuat profil dan program coaching untuk dapat dipublikasikan ke pasar berdasarkan speciality coaching peserta atau keminatan mereka dalam memberikan pelayanan atau jasa coaching. Para peserta akan berdiskusi bersama dan berbagi pengalaman coaching yang telah mereka lakukan untuk mengumpulkan jam coaching mereka. Di tahap ini juga kembali akan diadakan sesi observasi coaching oleh para mentor untuk menajamkan kompetensi coaching mereka.


Tahap 3


Pada tahap ini, peserta akan menampilkan profil dan program coaching yang telah mereka buat. Selain itu peserta akan mempelajari positif psikologi, dan kaitannya dengan coaching, mulai dari pengertian positif psikologi sampai bagaimana mengaplikasikannya dalam sesi coaching.  Setelah itu akan dibahas juga aplikasi coaching di organisasi.  Pada tahapan ini, peserta juga akan  membuat konsep untuk kegiatan community/corporate service dimana setiap peserta akan memberikan coaching untuk komunitas, institusi pendidikan atau korporasi. Tujuan dari kegiatan community/ corporate service ini adalah untuk mengedukasi coaching ke masyarakat luas serta memberikan pengalaman sensasi coaching.


Tahap 4


Sampai kita pada tahapan terakhir program sertifikasi professional coach program ini. Pada tahap ini peserta akan berlatih coaching bersama dan berdiskusi mengenai pengalaman jam terbang coaching mereka selama 40 jam serta prosesi kelulusan bagi peserta yang memenuhi syarat kelulusan yang telah ditetapkan. Bagi peserta yang dinyatakan lulus maka berhak mendapatkan gelar LCPC (Loop Certified Professional Coach), sertifikat kelulusan, Pin Logo LCPC, serta dapat melanjutkan ke proses tahapan kredensial global yaitu ACC karena sudah memenuhi salah satu syaratnya yaitu telah menyelesaikan training sebanyak minimum 60 jam ICF ACSTH (Approved Coach Specific Training Hours).



Latest Blog

Penerapan Coaching Dalam Program Pengembangan SDM Perusahaan
Coaching merupakan salah satu metode yang saat ini banyak dilakukan oleh berbagai Perusahaan dalam mengembangkan potensi d...
Coaching Trend dan Profesi Life Coach
Seorang yang memilih profesi sebagai seorang Life Coach, biasanya memiliki wawasan yang luas terkait masalah-masalah dala...
Sertifikasi Profesional Coach di Loop Institute of Coaching - Loop Certified Professional Coach
Loop Certified Profesional Coach Program adalah program sertifikasi yang ditujukan kepada siapapun yang ingin menjadi prof...